Selasa, 27 Oktober 2009

SENDIRI

apa istimewanya sebuah hari lahir?
tanggal sewaktu kita pertama kali dilahirkan,keluar dari kehidupan intrauteri menuju kehidupan ekstrauteri. tanggal dan bulan saat kehangatan bergelung dalam belaian air ketuban berganti menjadi suatu rasa yang dingin,atau suhu yang lebih panas. tak ada lagi perlindungan 24 jam tanpa henti2, kemudahan yang seolah surga, dan kenyamanan yang tanpa usaha. ketika lahir, semua berubah kepada satu titik: keseorangan.

Ya, keseorangan, kesendirian, dan kesepian.

"keadaan dasar jiwa manusia adalah kesepian" kata Muhammad Iqbal. sosoknya selalu diluputi sunyi. Dan memang, kemanusiaan lebih terefleksi saat manusia membersamai sunyi dan jauh dari hiruk piruk. karena begitulah seorang manusia, seperti apapun dia di mata manusia lain, yang ada baginya hanya satu kenyataan bahwa ia sendiri. hanya sendiri dalam menjalani takdirnya, sendiri dalam memutuskan segala sesuatu,hingga sendiri dalam kematian.

Pasangan, orang tua, teman, hanyalah aksesoris pinjaman pelengkap kehidupan. mereka menemani, tapi tak abadi. semua bisa hilang, bahkan untuk satu detik ke depan. dan tak dapat ditahan, sebab semuanya hanya pinjaman.
hingga akhirnya: SENDIRI

sendiri tidak bermakna sepi, sebagaimana sepi tidak bermakna kesendirian. hanya saja, memaknai perjalanan ini sebagai perjalanan sunyi dapat mewakili keadaan tiap manusia. sebab manusia seringkali tdk menyadari ttng kesendiriannya. berlari kepada teman, sahabat, pasangan,orang tua, tanpa menyadari bahwa jawaban dari segala sesuatu itu terletak pada diri sendiri. bahkan bukan pada orang lain ataupun siapapun.

Dan demikian kita semua berproses memahami hidup, bahwa kita selalu sendiri dalam kehidupan, dan bahkan setelah kematian.
Lalu mengapa harus takut menjadi sendiri? mengapa harus takut kesepian?
Sebab memang kita hanya berseorangan, yaitu dengan DIRI SENDIRI.

Dan hari lahir, adalah moment pengingat kesendirian ini, karena kesendirian ini adalah sunyi yang sendiri, tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat.

*gambar dari: http://images.paraorkut.com/img/pics/images/a/alone-13004.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar