Rabu, 04 Agustus 2010

(sharing) Gimana Biar Eksis di MP?

Entah kenapa, kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang tips nge-MP
Meski saya bukan seorang MP-ers yang hebat (belum), tapi saya ingin berbagi pengalaman saya di dunia MP, terutama buat teman-teman yang baru bergabung atau masih bingung dengan Multiply.

Selain pengalaman, ini juga menjadi suatu pengingat saya, karena 1 tahun lalu saya pernah membaca tips-tips eksis di Multiply, yang celakanya sekarang telah saya lupakan siapa penulisnya (yang merasa memiliki hak cipta, konfirmasi ya. Trims).

Tips-tips ini tentang bagaimana cara agar EKSIS di dunia Multiply. Bentuk eksis itu bisa bermacam-macam. Banyak yang koment tulisan,banyak yang baca,atau banyak yang bolak-balik lihat, atau dikit yang baca, tapi komennya menunjukkan bahwa tulisan itu benar-benar membawa pengaruh baik.
Nah, dari hasil perenungan dan baca tips2 dari kawan-kawan,saya menyimpulkan agar bisa eksis di Multiply:

1. Sering-seringlah sillaturrahim dan SELALU tinggalkan komentar setelah berkunjung.

Nah, jadi saat melihat MP atau postingan yang kira-kira menarik, meski bukan kontak kita, ga apa. Masuk aja. Sapa dan berekspresilah di kotak komentar. Meski komentarnya hanya TFS, JFS, Nice, dll. Tapi yakinlah, pemilik MP itu akan sangat menghargainya. Dan mungkin saja, berikutnya dia akan membalas mengunjungi MP Anda! Meski tentu saja, komentar yang menarik dan lucu biasanya menimbulkan apresiasi yang lebih besar dan dibalas lebih cepat.

2. Sering-seringlah memposting.

Nah, lanjutan dari tadi. Meski banyak yang mengunjungi MP Anda, kalau Anda tidak menulis atau memposting jarang2, nanti teman-teman Anda akan malas mengunjungi MP anda lagi. Saya pernah tidak memposting selama 2 bulan, setelah saya kembali posting, jumlah pengunjung site saya berkurang drastis, dari bisa mencapai 20 orang, seringkali hanya 1 atau 2 saja

3. Add-lah kontak baru dengan mengatakan kata-kata yang lucu, puitis, unik.

Jangan kosongkan kotak pesan saat Anda menginvite seseorang. Kalau bisa, jangan hanya salam, tapi tulis juga, "Assalamu'alaikum, dari dunia kata-kata saya ingin menjadi sahabat Anda di dunia dan akhirat..." Agak lebay sih, tapi itu bisa ampuh sehingga Anda cepat diapprove

4. Tentang Theme nih...

Sedapat mungkin gunakan theme yang tidak terlalu banyak hiasannya, apalagi di kotak isinya. Karena semakin banyak hiasan, orang akan semakin sulit melihat isi blog. Lebih bagus kalau di bagian kotak isinya, polos saja.

5. Tulisan Anda terasa terlalu kecil? Buat lebih besar!

Terkadang, orang merasa sulit membaca tulisan di blog kita yang memang sangat kecil. Karena itu, jadi malas berkunjung. Karenanya, usahakan fontnya seideal mungkin. tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

6. Yang terakhir, tulislah tentang PENGHARGAAN dan KETULUSAN

Dua tema ini adalah tema yang paling disukai orang. Bukan hanya di blog saja, namun dalam media apapun juga. Setiap orang menyukai 2 hal ini. Sebaliknya, isi blog yang negatif, bisa saja mendatangkan banyak pembaca, tapi orang kebanyakan menjadi negatif. Komen yang lahir pun akan memancing perdebatan, itu bukan awal yang baik untuk sebuah persaudaraan kan?

Mungkin, out of the box, saya sadar bahwa tema tentang CINTA dan PERNIKAHAN selalu memancing perhatian paling besar. Tulisan saya di MP dulu yang berjudul "Bahagia Tanpa Menikah" diview 99kali. Meski tidak semua mengkoment, tapi itu adalah jumlah paling besar untuk blognya orang sederhana dan tidak nge-artis seperti saya. Tulisan yang berbau kontroversial juga, seperti yang ini. Cukup memancing banyak minat dan diskusi. Meski saya berusaha tidak memunculkan iklim negatif dengan menulis mengenai hal itu.

Lepas dari apapun, saya ingin eksis di MP karena saya berharap orang lain akan mendapatkan manfaat dari tulisan saya. Tapi sebagai manusia yang tidak selamanya stabil, saya juga memiliki saat-saat "nyampah" di MP. Dan biasanya dalam periode itu, saya akan berusaha untuk tidak mengeksiskan diri. Untuk apa membuat orang membaca sampah? Meski saya cenderung nyampah di blog sebagai upaya saya agar tulisan itu menjadi bahan renungan untuk diri saya sendiri, dan agar tulisan itu bs bertahan lebih lama ketimbang saya menyimpannya dimana-mana dan kemudian hilang.

So, itu hanyalah tips yang saya dapatkan dari baca-baca punya teman dan pengalaman saya sendiri. Semoga bermanfaat

*kalau ada yang ingin menambah, silakan saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar