Kamis, 05 Februari 2009

Blog itu: Bukan Basa-Basi!

Aku kadang iri dengan teman-temanku dari fk di seluruh indonesia. Iri sebab mereka dapat membagi ilmu mereka di bangku kuliah dengan membuat blog-blog kedokteran. Membagi informasi tentang dunia kesehatan yang telah mereka dapatkan untuk umum dan para rekan sejawat. Sungguh, pingin deh...

Lalu, kenapa aku gak coba ya?

Sepertinya simple deh. Aku ingin juga membagi informasi tentang pengertian patologi, neoplasma, metaplasia, swelling, Bio-Savart, Eisenmeyer, sinistra, inferior superior, dan istilah-istilah lain untuk saudara-saudaraku di dunia maya. Jadi kalau pergi ke dokter kan bisa ngomong gini, "Dok, di hati saya ada neoplama ya? sel2nya udah bermetaplasia? di lobus sinistra atau dextra dok?" Kan keren tuh. Hehe...

So, kita mulai aja sesuai urutan istilah yang telah kusebutkan ya.

Patologi berarti keadaan berpenyakit. Atau ringkasnya ya penyakit.

Neoplasma istilah untuk menyebutkan jaringan normal yang tumbuh menjadi ganas. berasal dari kata neo: baru, dan plasma. biasanya sih untuk nyebutin kanker.

Swelling berarti pembengkakan.

Bio Savart adalah salah satu bentuk irama jantung patologis.

Eisenmeyer...nah, lho...kok ada yang tidur? Belum selesai nih. Lha, yang itu kok udah kabur? Tunggu dong, dikit lagi nih!

Anyway...

Nah, jadi penyerdehanaannya, alasanku untuk tidak membuat blog yang isinya tentang informasi-informasi dunia kedokteran dan kesehatan populer karena basis ilmuku yang memang masih sangat kurang disana. Dan aku juga tidak memiliki kemampuan penuh untuk menjelaskan tentang ilmu kesehatan dengan segar dan enak dibaca.Selain itu, takut salah. Salah dalam ilmu kedokteran fatal akibatnya lho.

Dan alasan terakhir, adalah karena aku tidak ingin bersaing dengan blog-blog dokter yang banyak bertebaran di sekeliling kita, dengan kualitasnya yang bagus. Takut mereka tidak lagi tampak menonjol karena kalah sama aku (yang banyak buat salah dan ngaco dalam penyampaian)

Oleh karena itu, mengenang alasanku untuk nge-blog adalah ekspresi perlawanan terhadap banyak hal dan media berbagi hikmah dalam kehidupan sehari-hari, maka aku berharap agar blog ini bermanfaat. meskipun pengunjung blog ini tidak akan mendapatkan tutorial cara mengatasi diare dengan makan cabe 20 kg, tapi semoga ada hikmah lain yang bisa didapat.

2 komentar:

  1. pertamaxxx

    iya bener juga ya.. istilah kedokteran emang buaanyaknya minta ampun. belum lagi obat-obatnya, macem2 juga.
    anyway, tetep semangat....
    hidup akan lebih berarti jika kita bisa saling berbagi..

    salam

    BalasHapus
  2. @muhamaze:

    iya,banyak sekali istilah2 dalam dunia kedokteran. dan istilah2 ini semakin bertambah dari bulan ke bulan tahun ke tahun.
    makasih kunjungannya
    salam kenal dari saya

    BalasHapus